Harga Tiket Lintang Cetho Park, Wisata Alam Baru

Siswaperak.com Harga Tiket Lintang Cetho Park, Wisata Alam Baru – Akhir pekan ini, masyarakat Indonesia bisa menikmati libur panjang alias long weekend karena ada peringatan Hari Raya Waisak 2566 Buddhist Era (BE) pada Senin sehingga akan ada tiga hari libur.

Nah, jika kalian berada di Jawa Tengah dan sekitarnya serta ingin menikmati wisata alam, maka bisa mengunjungi Lintang Cetho Park.

Tempat wisata baru ini berada di kawasan lereng Gunung Lawu sisi utara, tepatnya di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah. Owner Representative Lintang Cetho Park Emiko mengatakan, tempat wisata ini mempunyai sejumlah fasilitas bertema alam.

“Konsep kami disini adalah mengangkat wisata alam, wellness tourism (wisata kebugaran), dan one stop leisure destination,”

Iko, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa nama Lintang Cetho Park terinspirasi dari ikon wisata di daerah tersebut, yakni Candi Cetho. Candi bercorak Hindu ini, merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Lokasi Lintang Cetho Park hanya berjarak dua kilometer, atau lima menit perjalanan dari Candi Cetho. “Jadi, lokasi kami tepat di bawah Candi Cetho,” ujarnya

Wisatawan yang berkunjung ke Lintang Cetho Park bisa berkeliling ke obyek wisata di sekitar menggunakan mobil klasik Volkswagen (VW) dan jeep.

Dalam perjalanan, wisatawan akan diajak singgah ke sejumlah tempat wisata sesuai dengan rute yang dipilih, termasuk kebun teh Kemuning dan Candi Cetho.

Selanjutnya, titik akhir perjalanan tersebut adalah Lintang Cetho Park. Setelah berkeliling sembari menikmati udara lereng Gunung Lawu, wisatawan akan kembali disuguhkan dengan beragam pemandangan di Lintang Cetho Park.

Sejumlah fasilitas wisata menarik di Lintang Cetho Park adalah spot foto dengan latar belakang Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan hamparan kebun teh.

Kemudian, ada taman 1.000 bunga serta tanaman herbal, wisata petik buah stroberi langsung dari pohonnya, restoran yang dilengkapi dengan rooftop, taman kelinci, dan taman burung.

“Jadi, pengunjung tidak sekadar melihat satu view (pemandangan) saja, tetapi banyak view. Ada Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, hamparan danau, dan waduk di Solo Raya, kemudian view sekitarnya yang berwarna hijau bak permadani,” terangnya.

Harga tiket Lintang Cetho Park

Untuk menikmati fasilitas di Lintang Cetho Park, wisatawan hanya perlu membayar tiket Rp 10.000 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk voucher senilai Rp 5.000 yang bisa ditukarkan dengan aneka makanan dan minuman di restoran.

“Jadi, nanti para tamu pesan makan dan minum di tempat kami tinggal dipotong dari voucher yang ada,” imbuh Iko.

Wisatawan tidak dipungut biaya tambahan jika ingin menikmati sekaligus berfoto di taman 1.000 bunga, taman herbal, rooftop restoran, taman kelinci, dan taman burung.

Khusus untuk wisata petik buah stroberi, pengunjung dapat memetik buah berwana merah itu sepuasnya. Kemudian, hasil panen akan ditimbang untuk mengetahui harganya.

Iko menuturkan buah stroberi di Lintang Cetho Park berbeda dengan buah stroberi kebanyakan yang rasanya asam.

“Stroberi ini beda dengan kebanyakan yang dijumpai. Kalau stroberi lokal di sini rasanya asam, di kami rasanya manis,” jelasnya.

Sementara itu, untuk fasilitas keliling naik VW dan jeep, wisatawan juga perlu membayar tarif sewa tambahan. Iko menjelaskan ada tiga rute VW trip dan jeep trip, meliputi rute pendek, menengah, dan panjang dengan tarif berbeda.

Untuk rute pendek, tarifnya mulai dari Rp 500.000 per unit kendaraan, rute menengah Rp 600.000 – Rp 650.000 per unit, dan rute panjang Rp 750.000 per unit. Kapasitas penumpang mobil VW mencapai tiga orang, sedangkan jeep mampu menampung hingga empat orang.

“Rutenya bisa diatur sesuai permintaan para tamu,” ujarnya.

Jam buka Lintang Cetho Park

Waktu operasional Lintang Cetho Park adalah Selasa-Minggu pukul 09.00 WIB -16.00 WIB. Jika hari Senin bertepatan dengan hari libur nasional, maka obyek wisata ini tetap buka.

Jadi, kamu masih bisa berkunjung ke Lintang Cetho Park saat libur Hari Raya Waisak karena jatuh pada Senin.

“Kalau reguler, Senin kami libur. Namun, kalau Senin adalah tanggal merah kami buka, atau misalnya ada reservasi kami layani,” jelasnya.

Ia menuturkan, pengunjung dapat langsung datang ke Lintang Cetho Park tanpa reservasi. Namun, ia menyarankan wisatawan untuk reservasi lebih dulu saat weekend (akhir pekan) dan long weekend mengingat jumlah pengunjung lebih banyak.

Rute menuju Lintang Cetho Park

Lintang Cetho Park berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Wisatawan bisa memulai perjalanan dari Kota Solo dengan jarak 43,8 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 25 menit.

Setelah menempuh jarak jauh, lelah kamu pasti akan terbayar dengan panorama serta udara khas dataran tinggi. Dari Kota Solo, wisatawan menuju Karanganyar kemudian berlanjut ke Karangpandan.

Rute yang dilalui adalah Jalan Sukoharjo-Karanganyar, Jalan Karangpandan-Ngargoyoso, dan Jalan Kemuning. Saat berada di Jalan Kemuning, wisatawan akan menemukan kebun teh Kemuning.

Jika kamu menyewa VW atau jeep, maka kendaraan bisa diparkir di area Kemuning. Lokasi Lintang Cetho Park tidak jauh dari Kemuning.

“Dari kemuning ke Lintang Cetho Park menggunakan mobil sekitar 10-15 menit, tapi kalau pakai jeep atau VW sekitar 20 menit,” jelas Iko.

Lintang Cetho Park dekat dengan sejumlah obyek wisata lainnya di lereng Gunung Lawu sisi utara. Misalnya, Candi Cetho, kebun teh Kemuning, Candi Sukuh, agrowisata Kampung Karet, Kali Pucung rivertubing dan outbond, serta paralayang Kemuning.

Demikianlah informasi mengenai Harga Tiket Lintang Cetho Park, Wisata Alam Baru ini, semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment