Paduan ke Rengganis Suspension Bridge, Ini Info Harga Tiket & Jam Buka

SiswaPerak.com – Paduan ke Rengganis Suspension Bridge, Ini Info Harga Tiket & Jam Buka – Tahukah kalian bahwasannya Obyek wisata Rengganis Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis tengah viral di kalangan wisatawan? Yah, walaupun ini baru dilakukan soft launching pada 3 Mei 2022 lalu, namun sekitar 30.000 wisatawan disebut telah melintas di jembatan gantung ini. Lantas, apakah kalian juga ingin mengunjunginya?

Dimana pengelola Rengganis Suspension Bridge, Marcel mengatakan, bahwa jembatan gantung itu sendiri menghubungkan wisatawan dari pintu masuk Kawah Rengganis ke lokasi kawah. Nah, sebelum kehadiran jembatan gantung, wisatawan yang hendak menuju Kawah Rengganis harus lewat jalan setapak buatan warga dengan jarak lebih jauh. 

Tetapi sekarang bisa dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dari ujung jembatan gantung menuju lokasi kawah tersebut.  “Jadi, jembatan yang satu ini menghubungkan pengunjung dari lokasi parkir sampai ke Kawah Renggani.

Baca juga : Tiket Masuk Wisata Plunyon Kalikuninga, Lokasi Syuting KKN

Jembatan Gantung Rengganis, Wisata Hits Bandung

Rengganis Suspension Bridge

Terpanjang di Asia Tenggara 

Rengganis Suspension Bridge dinyatakan sebagai salah satu sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Sebab, Jembatan gantung ini membentang sepanjang hingga 370 meter yang memiliki etinggian 75 meter. Bahkan panjang Rengganis Suspension Bridge ini melebihi jembatan gantung Situ Gunung Suspension Bridge, Sukabumi yang mana pada saat ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. 

Nah, sebagai perbandingan, Situ Gunung Suspension Bridge memiliki panjang 243 meter, dengan ketinggian mencapai hingga 100 meter. Struktur Jembatan ini Guna menjamin keamanan pengunjung, Rengganis Suspension Bridge menggunakan kawat sling baja yang diimpor dari luar negeri serta telah lewat uji coba dan penelitian dari pabrik.

Dimana pada pembangunannya, pihak perancang dan pengelola juga berkonsultasi dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Struktur Jembatan Kementerian PUPR.  “Dan didalam bulan ini, akan keluar hasil pengujian dari Kementerian PUPR, seperti jembatan gantung Situ Gunung juga akan ada sertifikatnya. Akan tetapi, secara kasat mata sudah dari Kementerian PUPR kemarin sudah dicek pertama.

Selain itu, lantai dasar jembatan memakai kayu ulin atau kayu besi yang didatangkan langsung dari Kalimantan. Untuk keamanan pengunjung yang melintas ada dilengkapi dengan tali pengaman yang terikat dengan sling baja.  Bahkan pihak pengelola juga akan membatasi kapasitas pengunjung yang melintas di atas jembatan sebanyak 70 orang. 

Jadi, semua pengunjung untuk tetap mematuhi ketentuan yang berlaku selama berada di Rengganis Suspension Bridge, demi keamanan dan kenyamanan. Da sejumlah larangan bagi wisatawan yakni dilarang merokok, dilarang berkumpul di satu titik atau terus berjalan, dilarang berlari, serta dilarang menggoyangkan jembatan. 

Lantas, berapa harga tiket Rengganis Suspension Bridge? Pihak pengelola Rengganis Suspension Bridge menawarkan tiket terusan atau tiket bundle kepada wisatawan. Tidak hanya ke jembatan gantung saja, namun wisatawan akan bisa mengunjungi obyek wisata lainnya di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. 

Pertama, perlu diketahui oleh kalian. Bahwa paket senilai Rp 100.000 per orang. Kalian para wisatawan bisa mengakses empat destinasi wisata sekaligus, yaitu Glamping Lakeside (semua wahana), Situ Patenggang, Kawah Rengganis, dan Rengganis Suspension Bridge.  

Kedua, paket senilai Rp 70.000 setiap orang, meliputi Kawah Rengganis dan Rengganis Suspension Bridge. Dan menariknya lagi, wisatawan akan mendapatkan welcome drink berupa Teh Walini. Bahkan ada promo spesial selama Mei 2022 ini, khusus buat para penduduk sekitar lokasi Rengganis Suspension Bridge. 

Baca juga : Tiket Masuk Dufan 2022, Ini Dia Informasi Selengkapnya!

Jadi, buat warga dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pasir Jambu, Kecamatan Ciwidey, dan Kecamatan Rancabali bisa mengakses Rengganis Suspension Bridge secara gratis.  Warga dari tiga kecamatan di Kabupaten Bandung, yakni Pasir Jambu, Ciwidey, dan Rancabali itu free, sehingga warga pun bisa menikmati tanpa tarif.

Sementara itu, warga yang memiliki KTP Kabupaten Bandung (selain tiga kecamatan di atas) juga akan bisa mendapatkan diskon tarif masuk hingga 50 persen.  “Promo itu berlaku selama Mei 2022,”. Nah, sementara itu, berdasarkan informasi dari Instagram @rengganissuspensionbridge, promo tersebut berlaku pada Senin-Kamis pada jam operasional.

Selain Senin sampai Kamis, hari libur nasional diberlakukan diskon sebesar 50 persen. Jadi, dengan demikian. Kalian para pengunjung wajib menunjukkan kartu identitas, bisa dalam bentuk KTP, SIM, atau kartu pelajar. 

Lantas, kapan bukanya? Nah, jam buka Rengganis Suspension Bridge Rengganis Suspension Bridge buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Akan tetapi, ada yang mengatakan bahwa bagi pengunjung yang ingin mengejar panorama matahari terbit untuk fotografi profesional atau prewedding, bisa memesan waktu kunjungan lebih awal kepada petugas, hingga pukul 05.30 WIB.

Baca juga : Berikut 10 Dokumen Wajib Dibawa Saat Traveling ke Luar Negeri

Baiklah, mungkin hanya itu saja yang dapat Mimin bagikan pada kesempatan kali ini tentang Paduan ke Rengganis Suspension Bridge. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat kalian pergunakan dengan baik . Sekian, dan terima kasih telah berkunjung di Siswaperak.com. Sampai jumpa!

Leave a Comment